Selasa, 05 Juni 2018

Menjelajah Pantai Lombok Selatan

Lombok pertama kali gw datangi pada tahun 2011. Di saat temen-temen angkatan gw lagi berjuang bikin skripsi, gw dengan santainya malah jalan-jalan.
Bermodalkan motor sewaan yang gw bawa dari Bali, gw menjelajah Lombok selama 3 hari dari 9 hari rangkain trip Bali – Lombok yang gw rencanakan.

Selain punya 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) dan Pantai Senggigi, Lombok juga punya pantai yang menarik di jelajahi di Lombok Selatan, pada tahun tersebut tempat ini belum setenar sekarang.


Lombok Selatan bisa diakses dari kota Mataram sekitar 2 jam. Jalannya lebar dan halus serta petunjuk jalannya jelas, jadi ga usah khawatir nyasar buat ke sana. Sebelum sampai ke Pantai Kuta, nanti kita akan melewati perkampungan adat suku Sasak bernama Desa Sade.

Waktu itu gw naik motor boncengan jalan sekitar 90 kmh, tiba tiba gw dibalap bule naik motor supra x ga pake baju. Artinya dia jalan sekitar 100kmh, ga pake baju, dan jalannya jauh. Gw yakin dia udah punya stok tolak angin yang banyak di kamarnya.

Hal menarik dari pantai-pantai di Lombok Selatan adalah jenis pasirnya. Meskipun berada dalam satu garis pantai tetapi jenis Pantai di Lombok Selatan berbeda-beda.


Pantai Kuta

Pantai Kuta
Sama seperti Bali, Lombok juga ada Pantai bernama Kuta. Walaupun tidak seramai Pantai Kuta yang ada di Bali, Pantai Kuta Lombok merupakan pantai yang sudah terkenal pada saat itu karena terdapat hotel Novotel di sana.

Pantai Kuta Lombok merupakan pantai landai dengan pasir berbutiran besar berwarna kecoklatan, persis kaya merica. Jadi kalau diinjek teksturnya kasar. 
Pasirnya berwarna kecoklatan dengan butiran sebesar merica
Pantai Kuta juga pantai pertama yang kita jumpai kalau kita menuju Pantai Selatan Lombok dari arah Mataram.

Pantai Seger

Pantai Seger
Pantai Seger terletak di sebelah Pantai Kuta. Kalau Pantai Kuta lahannya landai, Pantai Seger lebih berkontur dengan adanya bukit-bukit yang ditumbuhi dengan rumput yang hijau. Kalau dulu pas SD ada buku Bahasa Indonesia dengan cover pantai dengan bukit hijau dan ada kerbau, mungkin terinspirasi dari sini. 

Enak buat bengong

Pantai Seger enak banget buat dipake duduk mager ngeliat laut tanpa harus mikirin persoalan hidup.

Pantai Tanjung Aan

Hilmi lagi main pasir
Tanjung Aan terletak di sebelah Pantai Seger. Tanjung Aan merupakan pantai landai mirip dengan Pantai Kuta tapi mempunyai pasir berwarna putih dan sehalus terigu. 


Begitu diinjek kaki kalian langsung ambles dan terasa halus. 

Gradasi warna laut

Karena memiliki pasir berwarna putih, air lautnya jadi terlihat gradasi birunya dan sangat indah.


Pantai Tanjung Aan jadi destinasi terakhir kami di Lombok. 3 hari kami habiskan waktu di pulau ini. 

Dari Tanjung Aan kami sempet iseng muterin setengah Pulau Lombok dan beristirahat sejenak di McD Mataram sebelum melanjutkan perjalanan kami ke Pelabuhan Lembar untuk nyebrang lagi ke Pelabuhan Padang Bai di Bali.

Jadi,dari 3 pantai tadi, kalau kamu suka yang mana?

0 komentar:

Posting Komentar