Senin, 05 Desember 2011

Mabit NF

Oke sekarang gw mau nulis tentang mabit. Mabit secara harfiah artinya menginap (bahasa arab) tapi klo dijabarin artinya malam belajar dengan meningkatkan iman dan taqwa. Kepanjangan mabit woow banget yaa. Jadi secara garis besar sih kerjaan di mabit ya belajar malem-malem nginep di nf. Tiap sabtu-minggu (sabtu jam 19.00-21.00 cewek cowok, 22.00-ngantuk cowok, minggu jam 16.00-21.00 cewek)

Sejarahnya mabit dimulai pada tahun 2002, Kak Dion dan teman-temannya angkatan 2002 meminta izin ke pihak nf buat menginap di nf buat belajar, mereka meminta izin untuk nginep karena mereka belajar di nf sampe malem akhirnya kendaraan umum buat pulang ke rumah udah ga ada lagi. Akhirnya dari situ terlahirlah mabit ini sampai sekarang.

Trus kalo begini siapa yg ngajar dong? Sampe tahun 2005 kak dion ngajar sendirian, gw akui beliau pinter banget, semua pelajaran dewa banget. Baru 2006 alumni-alumni mabit yang ngajar. Pengajarnya ini ga dibayar lhoo, buat yang ngaku mengabdi mengajar seperti indonesia mengajar dan lainnya kak dion udah ngelakuin itu dari 2002!

Dibandingin belajar, acara mabit banyak lebih banyak non belajarnya, kaya makan bersama (kita makan di lapangan belakang pake nampan, rame-rame gitu makannya), jalan-jalan (tergantung departemen apa yang ngadain) klo fisika ke planetarium, pp iptek, batan, hayati ke ragunan, ekonomi ke museum BI, sejarah ke museum gajah. Ada juga donor darah bersama, kami rame rame ke pmi pusat di salemba buat donor. Santunan ke panti asuhan, main bola pasir (setiap habis spmb hari ke dua). Dan yang paling seru tentunya Mabit Race dan Rihlah.

Buat mabit race acaranya mirip amazing race tapi cuma di jakarta aja. Setiap peserta dibekali uang secukupnya buat mendatangi seluruh pos yang sudah dibuat (duitnya pas pasan banget deh). Saking ngepasnya sampe pada make ide bandit ada yg standby di halte trans jakarta sebelum jam 7 buat beli tiket harganya kan cm 2000 klo sblm jam 7, ada yg rela naik bajaj ber 8, ada yg naik taksi ditawar, ada yg minum air keran di masjid saking sayangnya ngeluarin duit, ada yg ngabisin aqua galon di masjid, ada yg mukanya melas trus dikasih duit sama orang, hahaha pokoknya kocak deh. Nanti di tiap pos mereka akan dikasih soal buat dikerjakan. Penentuan pemenangnya dinilai dari jawaban dari soal di tiap pos, kecepatan sampai di garis finish, sisa uang dari yang dibekelin di awal. Pastinya mabit race ga akan terlupakan deh di tiap angkatan :)

Rihlah itu jalan-jalan abis ujian terakhir deh. Nah di rihlah juga ada games games outbound dan ditutup sama games battle royal. Games battle royal udah pernah di post sebelumnya jadi baca aja disitu :p

Gw yakin tiap angkatan punya feel nya masing-masing, saking seringnya kumpul bareng dan nginep bareng, ngadain acara bareng, ada ikatan yang lebih indah dari sekedar pertemanan

We are not community, But we are a family